Identitas Buku
Judul
: Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan
Pengarang
: Prof. Herman Dwi Surjono, Ph. D
Penerbit
: UNY Press
Tahun
terbit : 2017, Cetakan Pertama
Tempat
terbit : Jl. Gejayan, Gg Alamanda, Komplek Fakultas Teknik UNY
Tebal
buku : (viii + 95) halaman
Nomor
ISBN : 978–602–5566–11–0
Informasi Penulis
Nama
: Prof. Herman Dwi Surjono, Ph. D
Kontak
: 082134613100
Email
: hermansurjono@uny.ac.id
Blog
: http://blog.uny.ac.id/hermansurjono
Pendahuluan
Kajian kali ini
membahas tentang Buku Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Terkhusus pada
bab 5 yang berisi Evaulasi Multimedia. Pada bab ini ditekankan mengenai
Kriteria Kualitas MPI, Evaluasi Formatif, dan Evaluasi Sumatif. Evaluasi
sendiri merupakan suatu tahapan penting yang diperlukan dalam proses
pengembangan MPI. Tujuannya tentu saja untuk mengetahui seberapa baik kualitas
dari Program MPI yang sudah dirancang terutama dari aspek Keefektifan ketika
digunakan sebagai media Pembelajaran.
Hal yang sudah tersedia pada Buku
Pada BAB 5,
dijelaskan mengenai Pengertian dan Tujuan daru adanya Evaluasi. Singkatnya,
Evaluasi bertujuan sebagai metode untuk mengetahui sejauh mana kualitas dari
MPI. Kriterianya meliputi Isi, Instruksi, Serta Pendisplayan/Tampilan.
Dijelaskan juga 2 Metode pengujian pada bab ini, antara lain Evaluasi Formatif
(Yang terdiri dari Ongoing Evaluation, Alpha Testing, serta Beta Testing). Dan
juga Evaluasi Sumatif (Yang terdiri dari Reactions, Learning, Behaviour, dan
Results).
Hal yang belum dibahas pada BAB 5
Pada bab ini
sebenarnya sudah sangat lebih dari cukup dari segi penjelasannya,karena
membahas secara tuntas dan sangat detail.
BAB yang belum tersedia pada Buku
Bab yang belum
ada menurut saya lebih ke contoh penerapan hal hal yang sudah dibahas pada buku
Referensi
Surjono, Herman Dwi. 2017. Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta : UNY Press.